Pengalaman Mengurus Paspor Indonesia

Hari itu bertepatan dengan hari Rabu, dan kebetulan gw waktu itu sedang izin 1/2 hari doang dan pengen memperpanjang paspor (berhubung paspor gw mati baca : expired), akhirnya tanpa pikir panjang gw langsung saja meluncur ke kantor Imigrasi Jakarta Timur, sampai akhirnya gw sampai juga di kanim Jakarta Timur sambil lihat prosedur resmi yang ada, tadinya gw niatnya dari rumah pengen lewat jalur prosedur resmi alhasil gw kaget banget ternyata jadinya bisa 2 mingguan wah gila nih kanim… , lalu akhirnya gw lewat calo (baca : biro jasa) aja deh biar cepet  cuma bayarnya agak mahal (bisa berkali-kali lipat dari harga resmi).

Lalu setelah gw deal dengan calo tersebut (baca : biro jasa) gw langsung masukin semua berkas-berkas gw yang tertera dibawah ini :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Akte Kelahiran
  • fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Ijazah
  • Paspor Asli
  • Dll

lalu, setelah itu gw tungguin orangnya sampe siang, ternyata fotonya jam 1 siang wah gila banget… lama bener ya kenapa nggak bisa lebih cepat sampai akhirnya gw foto dan wawancara juga deh. Besoknya gw tinggal bayar  700.000,00  dan selesai deh urusan gw.

Sebenarnya sih harganya kalo pengen resmi dan juga nggak terburu-buru(baca : nggak berangkat kemana-mana) biayanya sekitar Rp 300.000 +- tapi paling jadinya sekitar 2 mingguan

Saran gw : Kalo lo pake calo mendingan berkas lo masukin (baca : Input) dulu deh semuanya ke petugas calo tersebut, baru  setelah itu lo tinggal nunggu aja sampai jam yang dijanjikan oleh petugas calo tersebut.  (baca : tinggal foto dan wawancara). Oke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s