Tips Menyiasati Biaya Hidup di Singapura

Hai semuanya, sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa tinggal di luar negeri itu menurut pendapat segelintiran orang itu mahal dan susah, sampai pada akhirnya orang menjadi malas tinggal disana dengan alasan mahal lah, atau repot lah, padahal apabila kalau kita mencobanya dari sekarang, kita bisa melatih kemandirian, kedisiplinan, dan hal positif lainya, namun banyak juga orang yang tekor di luar negeri karena tidak tahu situasi dan kondisi yang ada ( baca : tidak bisa menyiasati biaya hidup), untuk itu sekarang gw kasih tahu solusinya agar kamu lebih mudah tinggal di luar negeri dengan minimum anggaran, maksimum graduate seperti contoh di bawah ini (khususnya Singapura) :

  • Usahakan untuk masak sendiri selama disana atau makan di Hawker centre saja (jangan makan di restoran – restoran terkenal mahal)
  • Jangan keseringan naik MRT mendingan naik bus lebih murah
  • Disarankan untuk membeli kartu Ez-Link atau NETS card untuk one access to public transportation
  • Gunakanlah uang secara bijak selama anda di sana
  • Carilah tempat tinggal yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat kerja/sekolah
  • Usahakan untuk tidak naik Taksi (boleh-boleh saja naik taksi cuma biayanya itu lho apalagi malam ada night surcharge)
  • Jangan mudah tergiur oleh barang-barang yang mewah dan antik
  • Ketika ada pameran diskon besar-besaran segeralah datang mungkin siapa tahu anda akan mendapatkan barang yang anda inginkan
  • Jangan lupa coba kunjungi flea market (baca : Toko Barang Bekas), walaupun semua yang di jual di sana tuh barang-barang bekas, tapi masih layak dipakai bukan.
  • Jika ingin jalan-jalan ke suatu tempat maka pergilah bersama teman-teman, karena selain tidak akan kesepian selama perjalanan, anda bisa menghemat duit sampai 50 %.
  • Sering”lah buka website seperti Groupon atau Deals.com atau promo” diskon lainnya karena itu akan menghemat banyak pengeluaran anda (jika anda ingin belanja/makan di restoran/luar)
  • Jangan lupa apply kartu apapun yang menawarkan diskon selama di sana, tapi ingat carilah kartu yang tidak dipungut biaya sepeser pun.
  • Cobalah untuk bekerja Part Time, selain mendapatkan uang tambahan, anda juga akan mendapatkan banyak teman. (Sorry for International students; you can’t/need not to apply for a part time job in Singapore unless you have a work permit or you’re student from National/Government school; you will be allowed to work up to 16 hours per week) *correct me if I’m wrong
  • And don’t forget always keep smiling when you’ve got problems.

Mungkin segitu aja dulu, because I don’t have any information yet, so thank you for coming….

52 thoughts on “Tips Menyiasati Biaya Hidup di Singapura

    1. waalaikumsalam

      sorry ya bru bales soalnya jarang buka blog hehe

      Biasanya yg murah dan nyaman itu tergantung dari lokasi dkt dgn MRT atau bus stop. Klo menurut sy mgkin timur lebih murah atau ke utara lebih agak sepi dan lebih murah lagi.

      Salam kenal juga, WoodyTan.
      Thanks udah berkunjung

  1. kak tinggal di singapura tu sulit ga sih? cari kerjaan disana juga sulit atau engga? aku kepikiran kuliah di indo tapi mau coba cari kerja di singapur, mohon bantuannya^^ thanks

    1. Hai Khyena

      tinggal di Sg itu sebenarnya sih convenient (mudah), disni semua transportasi sudah terhubung satu sama lain mgkin yg jadi masalah biaya hidup (sewa tmpt tinggal, biaya makan dll), klo kmu mau cari kerja dan tinggal disni kayaknya agak susah skrng krna disni byk sekali foreign workers (orng asing yg bekerja disni) dan persaingan untuk mencari kerja juga terbilang cukup ketat (tergantung dri jenis pekerjaannya apa: klo melamar di posisi tinggi sih kyk manager atau executive mgkin ada dan kamu hrus punya pengalaman dibidangnya), selain itu biaya hidup disni juga tergolong mahal krna hitungannya dlm bentuk $Sg dollar. Thanks sdh mampir🙂

    1. Hi Reza Dwi

      Untuk bekerja di Singapura, normally untuk fresh graduate S1 itu sekitar S$2300 above (S-pass minimum salary requirement) dan persyaratan utk mendapatkan pekerjaan disni hrus memiliki keahlian/expertise dan pengalaman dibidangnya. Klo menurut pengalaman pribadi saya, biasanya dgn biaya hidup at least $1500 mgkin sdh bsa mencakup biaya hidup disni, tergantung dri pengeluaran masing – masing. Klo anda seseorang yg suka hangout pergi ke cafe atau bar setiap minggu, mungkin pengeluaran anda lebih besar drpda layaknya. Namun jika anda memang bsa irit dgn cara makan di hawker centre atau masak dirmh dan jarang hangout/jarang merokok, biaya pengeluaran bsa dipangkas semaksimal mungkin, so that dirimu bsa save money utk emergency situation.

      Untuk lebih jelasnya mengenai berapa besar biaya hidup di Singapura berdasarkan pengalaman pribadi, silahkan lihat rincian di bawah ini:

      – Makan at least 2 kali sehari @$10/meal x2 : $20 (ini bsa ditekan klo anda masak atau makan di hawker centre/tempat murah)
      – Transport (MRT dan Bus) sekitar S$50 up to S$100 per bulan tergantung pribadi masing-masing
      – Rokok: Biasanya diatas S$10 dan klo anda seorang perokok hrus berhati-hati krna tdk bsa sembarangan merokok di tempat umum *biasanya ada tempat khusus utk perokok
      – Biaya entertainment
      Cinema mgkin at least S$10 (klo anda punya kartu kredit atau kartu debit DBS mgkin bsa dpt lebih murah)
      Clubbing, cafe, bar dan restoran mgkin at least diatas S$20 tergantung dri keinginan pribadi masing-masing
      – Biaya tempat tinggal/sewa kamar berkisar dri $500 above (utk master bedroom biasanya lebih mahal krna dia ada kamar mandinya di dlm)
      – Biaya lainnya: itu terserah anda mgkin bsa siapkan $400 atau lebih

      Kalo seperti sy yg sekarang tinggal di Sg, biasanya sy menghabiskan sekitar S$20 – $50. Itupun sy biasanya sudah hidup cukup comfort/enak contohnya makan di foodcourt, beli starbucks coffee, jalan2, dll.

      Thanks🙂

  2. malam kak, mau tanya kalau untuk lowongan kerja D3 jurusan Radiologi di Sg masih banyak terbuka peluang ga ya?
    saya ingin bekerja dan meneruskan kuliah disana. kira2 kalau ke sana ada pencerahan ga kan? minta tlg bantuanya ya kak..
    kalau bisa contact via email ya kak : nanoor08@gmail.com

    1. Malam Noor Afia

      Kalau lowongan kerja utk lulusan D3 jurusan Radiologi kakak kurang tahu, sepertinya klo kmu ingin mencari kerja disni dgn sesuai bidang kmu, alangkah lebih baiknya kmu tingkatkan lagi skill dan knowledge terutama educational background dan work experience. Utk mencari kerja secara general sih contohnya kerja di bagian account executive atau etc biasanya agak susah skrng, dikarenakan kuota foreigner yg sgt terbatas (Ministry of Manpower policy) dan biasanya mereka melihat background/work experience yg tertulis di resume/cv kmu. However, klo kmu punya work experience/internship experience at least 2 years plus dan skill yg baik apalagi klo punya education background minimal S1/bachelor lulusan dari universitas yg memiliki reputasi baik, kemungkinan peluang utk mendapatkan kerja lebih besar. Untuk informasi seputar uni S1/bachelor degree jurusan radiologi coba buka website SIT (Singapore Institute Technology), Parkway College, Singapore Society of Radiographers, NUHS (National Uni Health System) dan lain2.

      *Note: Jika kmu sudah lulus nanti dan katakanlah kmu punya experience dan background yg bagus. Klo kmu mau melamar kerja di Sg. Jangan terlalu berharap ya bsa diterima lamaranmu krna keputusan terbesar tetap pada perusahaan dan MOM (mrka akan melihat track record dan progress kmu apakah okay dan lain2).

      Terima kasih sudah berkunjung🙂

  3. Salam kak, saya baru saja memutuskan untuk berhenti kuliah, kira” untuk ijazah SMA apakah masih bisa ya digunakan untuk melamar di Sg? mungkin posisi cleaning service etc. alhamdulillah saya sudah memiliki sertifikat bahasa inggris waktu di kuliah. Mohon bimbingannya
    Terima kasih

    1. Hi Fandi Halim salam juga, sorry ya klo kmu mau melamar kerja posisi low entry untuk ijazah SMA kyknya belum ada celah. Pekerjaan utk low entry sprti cleaning service atau kerja di resto biasanya yg didahulukan/diberikan ijin kerja orang lokalnya dulu (singaporean) baru foreigner itupun hanya bbrpa negara saja yg diperbolehkan contohnya dri china, india dll. Untuk orang Indonesia sendiri, biasanya peluang kerjanya rata2 professional (kerja dikantor dgn jabatan yg lumayan tinggi) salarynya hrus sekitar $S2300* (requirement utk S-pass). Untuk memenuhi persyaratan tersebut minimal kmu hrus punya ijazah S1 dan punya pengalaman kerja at least 2 thn dibidangnya. Itupun setelah kmu memenuhi persyaratan ini smua, kmu hrus byk2 berdoa krna keputusan apakah diterima atau tidaknya diperusahaan tujuan tergantung dari kuota yg ditetapkan MOM; Ministry of Manpower dan keputusan dri perusahaan (*kuota itu adalah pembatasan pekerja asing biasanya ada hitung2annya dlm persentase kakak kurang tahu). Trima kasih sdh berkunjung & good luck🙂

      Note: klo untuk wanita sih ada peluang jdi domestic worker/pembantu rumah tangga/tkw disni (tpi itu salarynya tergantung pengalaman dan biasanya mrka melamarnya lewat agent yg mgkin hrus membayar uang muka dulu sblm kerja)

  4. Boleh tahu bagaimana cara menyewa kamar selama di Singapura? Saya berencana untuk tinggal di sana selama empat bulan. Selain itu, bisakah merekomendasikan saya di mana saya bisa menyewa kamar untuk satu orang yang cukup terjangkau? terima kasih banyak.

    1. Dear Wan

      untuk menyewa kamar di Singapura, kmu boleh menggunakan website gumtree atau property guru, coba masukan kata keyword “common room” atau “master room”. Klo untuk menyewa kamar dgn harga terjangkau itu relatif/tergantung krna skrng memang biaya property di Sg mahal2, klo menurut saya sebaiknya anda coba cari tempat tinggal common room di Sg, mngkin saja nti dapat yg sesuai kantong anda. Thanks sudah berkunjung🙂

  5. Kak saya mau tanya….ini kan lagi ada loker kerja dipanti jompo sgp gaji 1.100 blom termasuk lembur….lembur 2,50 / jam….tapi mkan dan tempat tinggal tanggung sendiri…apa segitu cukup ya kak…dan brpa kira2 sisa yg msih bisa saya tabung kak?

    1. Dear luizty_babyhunnie

      wah sebaiknya jangan deh, biasanya klo gaji segitu pas2an bgt tinggal disni (mungkin standard bgt utk ukuran disni bsa jadi melarat ga bsa senang2). Uang sewa kamar saja $S600 paling murah (klo ada yg lebih murah dari ini berarti memang dirimu lucky tpi biasanya tempatnya kurang bagus). Itupun mungkin share/ tidur bareng sma yg lain.

      Klo saran kakak mendingan coba cari kerja di Indo, cari pengalaman kerja di perusahaan besar, gaji kecil ga masalah asalkan nti kan ada nilai tambah di cv/resume dirimu, setelah itu coba keluar negeri cari kerja dgn pengalaman bertahun2 kerja di perusahaan besar di Indo🙂

      Terima kasih sdh berkunjung😀

    1. Halo Pasek

      Untuk lulusan pariwisata D4/S1, sprtinya ada tpi mgkin nti kerjanya kyk kerja professional gitu di perusahaan yg bergerak dibidang travel atau kerja dilevel managerial di perhotelan/restoran yg sdh punya nama/diapprove oleh MOM (Ministry of Manpower Singapore). Anyway dirimu ada pengalaman kerja kah? Krna biasanya lowongan kerja yg dicari disni hrus ada pengalaman kerja at least 1 thn atau 2 thn atau lebih (lebih baik).

      Thanks sdh berkunjung ke blogku🙂

      1. Hi Wayan

        Sorry yah baru bales skrng komentarnya, klo menurut sy itu bagus sekali, coba saja melamar kerja di perhotelan via jobsdb atau jobstreet atau gumtree.sg (klo ada). Siapkan resume dan cover letter (surat melamar kerja) dirimu lalu coba apply online😀 Nti klo dipanggil utk interview bilang saja sy punya pengalaman kerja di bidang ini di hotel ini dan lain2. Kemungkinan utk mendapatkan kerja mungkin lebih besar lagi klo mas lulusan S1, krna mgkin mrka mengecek background pelamar kerja juga. Thanks sdh berkunjung ke blog kami😀

  6. makasi yah infonya, mau tanya, klo misal buat akomodasi kita tinggal diapartemen, boleh ngga kita tinggal sekamar dengan lawan jenis (pacar) disana? menimbulkan masalah ga?

    1. Hi Bee

      Iyaa sama2🙂 ya boleh saja disni tergantung dri landlordnya/pemilik kosnya, klo di Sg sih ga terlalu jdi masalah klo tinggal sekamar dgn lawan jenis di apartement. Klo sy dulu sih ga apa2 (pemilik rumahnya orng chinese) asalkan ga menganggu orng lain aja (orng disni mah cuek2 ga bakalan ngurusin urusan orng lain) hehehe🙂

      Thanks sdh berkunjung ke blogku😀

  7. kak, aku mau tanya, aku kan lulusan s1 sistem informasi ni, kalo mau kerja di sg kerjaan yang cocok sama jurusanku apa ya? kalo masuk ke marketing executive, UI designer bisa gak ya? pengalamanku dulu pas kuliah aja, dan itu pun bukan di perusahaan besar di indonesia, bisa gak ya kak kerja disana? terus di sana bahasa yang digunakan apa ya kak, english kah? soalny aku gak terlalu expert gitu, bisa gak ya kak kerja disana?

    1. Hi Anggarmurdy

      Untuk jurusan UI design, mgkin agak berat juga yah klo mau masuk kerja di bagian marketing executive. Klo dirimu punya talent dan merasa mampu utk kerja di perusahaan jdi marketing executive coba saja apply (biasanya nti pada saat interview mrka suka tanya dulu pernah kerja dimna, brpa lama dll) disni byk kok lowongan kerja jdi marketing executive, jdi account executive juga ada. Klo bahasa yg digunakan disni ya bhs inggris krna bhs inggris itu bhs bisnis/formal di Sg (semua anak2 sekolah dri yg kecil smpe yg besar mrka smua hrus bsa bhs inggris).

      Saran dri kakak pribadi: klo mau cari kerja di Sg jdi marketing executive. Dirimu hrus punya pengalaman dibidangnya ya at least pernah kerja dibidangnya 1 thn lebih lah, lalu coba tingkatkan skill dan kemampuan dirimu supaya bsa bersaing dgn orang2 disni krna persaingan kerja disni sgt keras.

      Terima kasih sdh berkunjung🙂

  8. Assalamualaikumwrwb.
    Saya lulusan SMK SMEA. pengalaman kerja jadi security atau satpam.
    Kira-kira ada ngga ya lowongan kerja security atau satpam di singapore dan berapa gaji nya kak… Mohon informasinya.. Terimakasih…
    Wassalamualaikumwrwb.

    1. Waalaikumsalam wrwb.
      Sorry yah kak, untuk lowongan kerja security atau satpam di Singapore itu blm bisa untuk WNI/foreigner krna biasanya yg diutamakan dan dipilih hanya yg sudah punya status kewarganegaraan disna seperti contoh Singaporean atau Permanent Residence. Untuk masalah gaji saya kurang tahu mgkin bsa jadi sekitar 10 jt smpe brpa gitu per bulan. Terima kasih dan salam🙂

  9. Assalamualaikumwrwb.
    Hay kak..
    Saya iwan dari Tebing Tinggi Sumatera Utara, saya seorang “security atau satpam” kantor, saya lulusan SMK SMEA.
    Ingin mencari lowongan kerja di Singapura, kebetulan pengalaman kerja saya “Security atau Satpam”.
    Mohon kiranya informasi untuk lowongan kerja “Security atau Satpam” di singapura dan kira-kira gajinya berapa kak.
    Wassalamualaikumwrwb.

    1. Waalaikumsalamwrwb.

      Hi Iwan
      Klo dirimu mau kerja di Sg sebagai security, spertinya bakalan agak susah, krna disni biasanya utk pekerjaan sprti itu mrka hanya mengizinkan penduduk tetap singapura (Singaporean/PR Singaporean) yg boleh bekerja menjadi security. However, klo dirimu coba cari di perusahaan2 besar yg perlu security contoh cisco security dll. Kemungkinan bsa walaupun peluangnya tipis. Untuk masalah pembayaran gaji mgkin disni new entry alias baru masuk jdi security bsa sktr $1000 (sekitar Rp 9 jutaan sekian) smpe $1900 per bulan (sekitar Rp 17 – Rp 18 jutaan sekian) tergantung dri perusahaaan. Memang gaji kerja di Sg itu besar klo dibandingkan dgn gaji kerja di negara kita, akan tetapi utk ukuran gaji di Sg itu sbnarnya kecil dan mgkin hanya cukup utk tinggal dan makan aja (biaya hidup disni mahalnya selangit). Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka mbah google hehehe sorry yah🙂

      Terima kasih sdh berkunjung ke blogku, sorry telat balasnya🙂

      Salam

  10. Assalamu’alaikum kak..

    Saya Risti ingin bertanya apakah bisa lulusan poltekkes d3 di Indonesia melanjutkan s1 di SIT? Soalnya saya tidak pernah membaca pengalaman orang Indonesia yang melanjytkan kuliah disana.. Lalu kalau bisa, berapa lama pendidikan yang harus ditempuh serta alakah tersedia beasiswa?
    Terimakasih..

    1. Waalaikumsalam

      untuk d3 poltekkes di Indonesia, spertinya bsa (coba saja tanya ke universitasnya kakak kurang yakin), tpi setahu kakak utk SIT itu kyknya utk jurusan spesialis hrus punya pengalaman kerja dibidangnya (dulu kakak pernah apply kuliah kulinari di SIT tpi kakak ditolak krna ga punya pengalaman kerja jdi chef/kerja masak). Klo durasi pendidikan yg hrus ditempuh kakak kurang yakin mgkin sktr 2 -3 thn paling cepat ya 1 1/2 thn mgkin. Untuk beasiswa kakak kurang yakin coba tanya ke universitasnya.

      Terima kasih juga🙂

  11. Kak aku kan mau nemenin suami kuliah di sana, kira kira part timenya itu adanya apa aja yah kak bagi fresh graduate s1 dlm negri kayak aku? Trus kak kalo mau masak, biasanya beli bahan masakan yang murah di spore di mana yah ka? Thankyou in advance ~

    1. Halo Fani

      Suamimu disana statusnya apa? klo dia punya Employment pass, dia bsa sponsorin dirimu untuk apply dependant’s pass (untuk tinggal dan *kerja), otherwise klo dia hanya punya S-pass dirimu hanya bsa apply work permit (visa untuk tinggal dan kerja) yg notabene menurut sy agak susah utk WNI (chancenya kecil sekali kemungkinan ditolak banyak atau mungkin tidak bsa) coba buka halaman website ini yah untuk lebih jelasnya http://www.mom.gov.sg/passes-and-permits/dependants-pass/eligibility. Untuk beli bahan masakan yg murah, kamu bisa cari di pasar2 sprti di daerah wet market; Tekka Market dll info: http://eatbook.sg/wet-markets-in-singapore/. Thanks sudah berkunjung diblog sy yah kak

      *Jika dirimu punya dependent’s pass dan dirimu dapat kerjaan di Singapore. Dirimu harus punya Letter of Consent dengan cara apply ke Ministry of Manpower Singapore.

  12. Selamat pagi kak, saya ingin bekerja di singapura. Pengalaman kerja saya di indonesia sudah 10 tahun di bidang IT (data center, payment gateway). Yang saya ingin tanyakan, apakah untuk interview bisa melalui online (skype misalnya) atau by phone? Atau harus datang langsung, karena saya sudah banyak apply tapi belum ada panggilan😦
    Btw apa perusahaan kakak ada lowongan untuk saya, dan saya bisa dibantu nih kak. Mohon respond nya terima kasih

    1. Hi Chandra

      Selamat pagi juga kak Chandra, wow itu bagus sekali pengalamannya kak. Untuk interview itu tergantung kebijakan perusahaan masing-masing, mgkin ada beberapa perusahaan yg mengijinkan interview via online, mgkin ada juga perusahaan yg hanya mengijinkan interview by phone atau walk in. Memang cari kerja di Singapore itu klo apply online susah banget, klo menurut saya, klo kakak punya uang lebih, coba saja lewat employment agency disna. Biasanya memang harus bayar klo mau cari kerja via employment agency, however the chance of getting a job is much higher and kakak bisa lebih cepat dapat interview dari perusahaan mereka🙂 Sorry yah kak, saya ga punya perusahaan disana, saya hanyalah seorang graduate student yg dulunya kerja part time 1 tahun 2 bulan dan tinggal di Singapore selama 5 tahun. Terima kasih sudah berkunjung dan comment di blog sy yah🙂

  13. mau tanya tentang salary.. kalau di SG untuk S1 Accounting pengalaman 5,5 tahun bekerja di Indonesia apa sudah bisa jadi bahan pertimbangan bekerja di sana?? Untuk level manager di SG kisaran berapa dolar gajinya?? terimakasih sebelumnya🙂

    1. Hi Gandra Wardhany

      Kalau dilihat dari pengalaman bekerja di Indonesia seharusnya itu sudah sangat layak dipertimbangkan bekerja disana namun tidak menutup kemungkinan bila nanti pasti akan ada penolakan dari perusahaan di SG (kemungkinan karena kuota S-pass penuh/habis atau kurang kualifikasi bekerja). Untuk masalah remunerasi gaji posisi kerja menjadi manager accounting di SG kemungkinan perbulan minimal bisa take home pay $2500SGD up to the sky yah (tergantung perusahaannya). Mulai sekarang dirimu bisa coba kirim resume dan cover letter ke perusahaan-perusahaan di SG. Wishing you good luck yah🙂

      Catatan khusus: untuk mendapatkan S-pass (work permit/visa kerja di SG), minimal gaji yg harus kamu terima harus mencapai $2300SGD, klo dibawah itu agak sulit yah mgkin kamu harus negosiasi salary dengan perusahaan disana (biasanya perusahaan akan declare gaji kamu $2400SGD atau $2300SGD in order to get the S-pass visa, however nti pasti gaji kamu pas akhir bulan cuman dibayarkan $1800 atau berapa lah karena memang seperti itulah perusahaan di SG (ga semuanya sih) terkadang apa yg di declare kadang2 ga sesuai fakta.

      Thanks sudah berkunjung🙂

  14. Halo kak, saya berniat apply job di URA Singapura jabatan Urban Planner (Physical Planning). Info lowongannya di http://careers.pageuppeople.com/688/cwlive/en/job/511072/urban-planner-physical-planning. Background saya sudah sesuai S1 Teknik Planologi UGM, freshgraduate Agustus 2016. Sudah punya beberapa pengalaman magang dan proyek. Yang mau saya tanyakan :
    1. Ada kolom expected monthly salary? apakah saya perlu menulis 2300 SGD saja? S-Pass (visa kerja) itu untuk apa ya memang kak? membuat S-Pass bisa di Indonesia kan? asal ada bukti kalau gaji kita di SG minimal 2300 $ visanya bisa dibuat di Indonesia kan?
    2. Saya masih bingung tentang S-Pass, E-Pass di Singapura..bisa dijelaskan lebih detail kak?
    3. Info kos/penginapan yang murah di Singapura dan dekat dengan URA dimana ya?
    4. Info tempat makan murah/hawker centre di Singapura dimana saja ya?

    Mungkin itu dulu kak. Terima kasih

    1. Halo Septian Widyanto

      Pertanyaan agan akan saya coba jawab satu per satu
      1. ya boleh tulis saja $2300SGD (minimum salary utk S-pass) klo misalkan companynya mendeclare gajinya ke dirimu bisa diberitahukan yg sebenarnya. S-pass itu level visa kerja yg paling rendah untuk warga negara asing khususnya WNI yah (ada 4 jenis visa kerja di Sg, misalnya S-Pass sy minimum requirementnya harus punya pengalamann kerja at least 2 thn dan gaji perbulannya $2300SGD atau E-Pass yg gaji perbulannya harus diatas $3300SGD (pengalaman kerjanya juga hrus tinggi sy kurang tahu yg E-pass ini) atau Q1/P1 yg pasti lebih tinggi; untuk info lebih lanjut coba buka website ini https://www.contactsingapore.sg/en/employers-singapore/visas-passes/employment-pass). Membuat S-pass TIDAK BISA DIBUAT di Indonesia, hrus DIBUAT di Singapore. Nanti pada saat apply kerjaan ke perusahaan di Singapura (perusahaan yg akan bantu untuk buatkan S-pass jika memenuhi kuota dan persyaratan perusahaan) kamu akan mendapatkan approval letter (IPA letter) dari perusahaan dan dari MOM (kalau kamu terpilih jdi pekerja disna, kalo ga ya sorry aja gan), nti setelah itu kamu tinggal ikutin proses prosedur pembuatan visa kerja di Singapura sesuai dengan apa yg tertera di surat IPA atau approval letter.

      2. S-pass itu untuk middle skilled worker yg memiliki pengalaman kerja setidaknya 2 tahun dan salary perbulannya hrus mencapai $2300SGD, sedangkan E-pass itu untuk high skilled worker yg memiliki pengalaman kerja yg sangat tinggi dan salary perbulannya harus mencapai $3300
      Untuk info lebih lanjut coba kamu buka website ini http://www.mom.gov.sg/passes-and-permits.

      3. Info kost sewa tempat tinggal yg dekat dgn URA sy kurang tahu yah coba kamu googling aja, klo saran saya coba kamu sesuaikan biaya sewa tempat tinggal dengan gaji yang kamu dapat, misalnya gaji kamu $3000, harga sewa common room (kamar mandi luar, kamar tidur agak kecil mgkin ada AC, WIFI sma TV) di Sg berkisar antara $600 smpe selangit per bulan (per satu orang yah), klo kamu mau irit bisa berdua juga sharing dengan teman kamu jadi $600 dibagi dua kan, kamu cuman perlu bayar $300 per bulan🙂 Klo kamu mau sewa kamar yg ada kamar mandi dalam, AC, WIFI dan kamu pengen sendirian di kamar alias single person, kamu bisa pilih master bedroom yg harganya kisaran $750 smpe selangit per bulan. Semua itu tergantung padamu yah🙂

      4. Hawker centre ada dimana2, kamu ga perlu kuatir soal ini krna diberbagai tempat di S’pore sudah tersedia hawker centre. Makanan di Hawker centre itu biasanya murah harganya mgkin kisaran $5 tpi klo kamu makan di tempat kyk ini setiap hari bsa bosen banget apalagi klo nti gaji kamu besar disna, bisa2 kamu jadinya makan di restoran deh atau foodcourt hehehe. At the end of the day, klo gaji kamu besar diatas $2800SGD I’m pretty sure kamu bakalan melupakan hawker centre dan kamu bakalan cari tempat yg lebih elit dibandingkan di hawker centre hehehe🙂 (tenang aja biaya makan di Singapura ga mahal2 banget kok, klo menurut saya biaya hidup yg paling termahal di Singapura itu paling biaya sewa tempat tinggalnya atau klo kamu naik taxi terus tiap hari bsa bokek hahaha)

      Terima kasih atas kunjungannya yah di blog saya, jangan sungkan2 untuk bertanya apapun soal Singapura *jgn tanya diluar itu yah hahaha🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s